20 April 2024
Blog » Tutorial Dist CCTV » Cara Mudah Untuk Memasang CCTV
cara-pemasangan-cctv1

Sumber: http://www.kameracctvmurah.net

Cara Mudah Untuk Memasang CCTV – Closed circuit television atau biasa kita kenal dengan CCTV memang sangat membantu pekerjaan manusia dalam hal keamanan. Adanya CCTV mempermudah manusia dalam menangkap pelaku kejahatan dan membuat beberapa orang merasa aman sebab selalu terawasi dan bilamana terjadi tindak kejahatan dapat langsung tertolong karena lokasi yang telah pihak berwajib ketahui.

Baca Juga : Tips Merawat Kamera CCTV

cara-memasang-cctv
Sumber: http://www.kameracctvmurah.net

Tidak heran bilamana anda menemukan hampir di seluruh area di Negara maju terdapat CCTV atau pabrik-pabrik yang ada di kota besar memakai CCTV dalam kegiatan sehari-hari.

Cara Memasang CCTV

Selain masalah keamanan dari segi pemasangan CCTV juga dikategorikan mudah dan dapat diterapkan oleh siapapun dan berikut ulasannya:

  1. Sebelum anda memasang kamera pengawas tentunya anda perlu menentukan titik-titik lokasi mana yang anda akan pasangi kamera CCTV. Pastikan area yang anda tentukan tidak mudah terkena bahan-bahan yang dapat merusak kamera anda seperti bahan yang mudah terbakar atau air.
  2. Anda juga perlu menyesuaikan jenis kamera yang anda pakai dengan lokasi yang anda pilih sebelumnya. Jika anda hendak memasang kamera di luar ruangan maka pilihlah kamera pengawas yang memang berfungsi untuk outdoor. Bilamana di dalam ruangan maka pilihlah kamera yang tersamarkan atau bisa menyatu dengan ruangan kamar anda.
  3. Instal software CCTV pada komputer anda dan siapkan jalur nirkabel atau kabel penghubung CCTV agar bisa tersambung ke daya energi. Untuk menginstal program CCTV sebenarnya tidak membutuhkan waktu lama cukup 5 hingga 10 menit saja.
  4. Ada baiknya bila anda tidak ingin repot maka gunakanlah kamera tipe dome. Kamera tipe ini bisa melindungi pantulan dari sinar matahari yang bisa mengenai mata anda ketika melewati daerah ber CCTV.
  5. Biasanya rangkaian CCTV sudah terpasang lengkap sehingga kita hanya perlu mengintal program saja namun perlu memperhatikan lensa yang CCTV gunakan. Pilihlah berdasarkan jarak pandang yang ideal sebab di luar ruangan maka membutuhkan lensa yang semakin besar agar jarak pandang juga jelas.
  6. Ketika anda memasang CCTV maka anda juga perlu mengebor dinding rumah anda. Sehingga ada baiknya bila anda menentukan dinding mana yang kondisinya benar-benar kuat dan tidak rapuh sehingga CCTV aman untuk dipasang.
  7. Untuk penerapan teknisnya ada beberapa alat yang perlu dipersiapkan diantaranya sebagai berikut :
  • DVR

Baca Juga : Rahasia DVR Dalam Perangkat CCTV

  • Kabel coaxial
  • Monitor
  • Laptop
  • Router
  • Tang, gunting, pisau dan lakban
  • Hardisk SATA dan BNC
  1. Pasang kabel coaxial dan power ke konektor BNC kemudian tutup passing DVR lalu pasangkan hardisk ke DVR. Posisikan CCTV pada tempat yang telah anda pilih kemudian sesuaikan kabel dengan jarak CCTV ke DVR. Sambungkan kabel coaxial dari tiap CCTV anda ke DVR kemudian colokan kabel  adaptor dari tiap kamera CCTV ke aliran listrik.

Semoga tutorial diatas dapat membantu anda untuk memasang Kamera CCTV pilihan anda..

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *