Keuntungan dan Kerugian Memasang CCTV

Keuntungan dan Kerugian Memasang CCTV ~ CCTV atau closed circuit television adalah alat yang terdiri dari perekam (DVR) dan kamera yang digunakan untuk menangkap gambar. Perlengkapan CCTV terdiri dari berbagai macam jenis dan tipe kamera, mulai dari yang berkualitas biasa saja sampai yang mampu merekam dengan gambar berkualitas tinggi.

CCTV biasa digunakan untuk mengintai atau mengawasi kegiatan di suatu tempat atau ruangan tertentu dengan jarak pengawas yang cukup jauh. Hal ini memungkinkan bagi orang-orang yang berada di sekitar kamera pengawas CCTV tersebut untuk beraktivitas seperti biasa tanpa ada ketakutan diawasi.

Beberapa keuntungan untuk memasang CCTV adalah:

  1. Mengawasi

CCTV berguna untuk mengawasi dan merekam semua kegiatan yang dapat dijangkau oleh kamera. Walaupun pemilik sedang tidak berada di tempat, CCTV memungkinkan bagi pemilik untuk mengawasi dari jarak yang jauh. CCTV juga dapat merekam secara keseluruhan. Beberapa detail-detail yang terlewat dapat diketahui melalui hasil rekaman di CCTV. Pemilik juga mudah untuk mengawasi bagian-bagian tertentu di area ruangan yang dirasa perlu mendapat pengawasan.

  1. Ada Hasil Rekaman

Adanya hasil rekaman CCTV yang disimpan di dalam DVR (Digital Video Recorder) dapat digunakan sebagai panduan bagi pemilik maupun siapapun yang memerlukannya. Pemilik dapat mengambil hasil rekaman CCTV dan menyorot bagian-bagian tertentu di hasil rekaman, memutar-ulang, mempercepat ke bagian tertentu rekaman sesuai keinginan. Hal ini berguna bagi pemilik jika pemilik ingin melihat ke detail-detail tertentu. Misalkan, seorang penjaga toko ingin membuktikan tuduhan bahwa ada orang yang mencuri di tokonya. Dengan menggunakan rekaman CCTV, dapat ditunjukkan bukti siapa pelakunya.

  1. Bersifat Remote

CCTV juga dapat diakses dari jauh. Apabila CCTV yang dipunyai merupakan tipe yang canggih, CCTV dapat diakses melalui aplikasi yang tersambung dengan jaringan internet. Hal ini akan memudahkan bagi pemilik yang jarang berada di rumah atau sedang bepergian jauh sehingga tidak dapat mengawasi secara berkala hasil rekaman yang tersimpan di DVR.

Selain beberapa keuntungan di atas, CCTV juga mempunyai beberapa kelemahan yaitu :

  • CCTV Membutuhkan Biaya yang Lebih untuk Meningkatkan Sistemnya

Apabila ingin menambah fasilitas tertentu, maka CCTV juga harus mempunyai fasilitas pendukung yang juga mumpuni. Oleh karena itu, beberapa CCTV ada yang berkualitas baik namun dengan harga yang juga sepadan. Untuk mendapatkan CCTV berkualitas baik tersebut, siapkan dana yang lebih agar mendapatkan CCTV yang sesuai keinginan.

  • Beberapa CCTV Mempunyai Batas Durasi Rekaman Tertentu.

Hal ini menjadi salah satu kelemahan dari CCTV. Durasi rekaman yang ada rata-rata berbatas waktu tiga hari, sehingga pemilik harus mengecek secara berkala agar mendapatkan rekaman yang utuh. Pemilik biasanya mengakali dengan cara menghapus file-file yang tidak digunakan lagi. Kelemahan ini juga dapat diatasi dengan cara meningkatkan kapasitas penyimpanan, dengan syarat harus membeli lagi DVR baru dengan kapasitas yang lebih besar.

Solusi pengadaan CCTV di Distribtor-cctv.com, Bergabung di Official Line @mallnyacctv atau di http://bit.ly/LINE-DIST-CCTV

Tinggalkan Balasan