20 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Sejarah perkembangan CCTV

Sejarah perkembangan CCTV – Penemuan CCTV atau Closed Circuit Television pertama kali oleh seorang insinyur asal Jerman bermana Walter Brunch. Penggunaan CCTV pertama kali pada saat peluncuran roket V-II pada tahun 1942. CCTV pertama tersebut diproduksi oleh Siemens AG.

Baca Juga : CCTV Itu..

Penggunaan CCTV ini berfungsi sebagai pengawas proses peluncuran roket tersebut agarterlihat jika terjadi kesalahan atau tidak dan untuk menghindarkan antusiasme warga Jerman agar terhindar dari resiko peluncuran roket tersebut.

perkembangan-cctv

Sejarah CCTV

7 tahun selang penggunaan CCTV pertama kali yaitu tahun 1947, Amerika menggunakan CCTV yang diproduksi oleh perusahaan bernama Vericon. Pada tahun itu, tingkat kejahatan di New York sangat besar, sehingga pemerintah AS memerintahkan pemasangan kamera d isetiap jalan. Hal ini untuk mengurangi, memberantas dan menghentikan tindak kejahatan. Dengan penggunaan CCTV jika ada orang – orang yang mencurigakan polisi dengan mudah mencari orang tersebut dengan rekaman CCTV tersebut.

Baca Juga : Tips Memilih Toko Kamera CCTV

11 tahun kemudian 1960, di Inggris pertama kali menggunakan CCTV. Pemerintah kota London menggunakan CCTV untuk mengawasi tempat umum, mengamati kerumunan orang yang sedang melakukan aksi demonstrasi kepada kerajaan Inggris. Dengan bantuan CCTV pemerintah bisa melihat demonstrasi yang terjadi berlangsung damai atau rusuh, dan tentu jika terjadi kerusuhan pemerintah dengan mudah mengontrol aksi tersebut.


Pada zaman ini, CCTV masih menggunakan kamera dengan resolusi rendah sehingga mengakibatkan hasil gambaran buruk dan berwarna hitam putih. Sistem yang CCTV gunakan pada zaman itu juga dengan kabel koaksial, yaitu 1 kamera untuk 1 monitor.

Pada tahun 1970 muncullah CCTV dengan sistem Mulpiplexer VCR, yaitu sistem yang mana 1 monitor bisa untuk beberapa kamera. Hal baik dengan terciptanya sistem ini, dapat mengurangi biaya operasional untuk membeli monitor sebanyak kamera yang pengguna gunakan. Tetapi pada zaman ini CCTV masih menghasilkan gambaran yang buruk, sehingga objek yang terekam oleh kamera tidak terlihat jelas.

perkembangan-cctv2


Kemudian pada tahun 1990an, terciptalah CCTV yang semakin baik dengan sistem DVR atau digital video recorder. Dengan sistem ini resolusi dari kamera tinggi sehingga hasil gambar nya pun bisa terlihat jelas.

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Resolusi CCTV Dan DVR


Indonesia sendiri mengenal CCTV sekitar tahun 1995, dan penggunaannya pun hanya pada kantor – kantor besar, tetapi setelah terjadi kerusuhan Mei 1998 penggunaan CCTV semakin banyak. Dan sekitar 2004an kepolisian mulai menggunakan CCTV di ruang publik sebagai pemantauan lalu lintas.


Bukan hal yang tak mungkin, perkembangan CCTV semakin canggih mulai dari resolusi gambar, ukuran, penggunaan dan sistem yang CCTV gunakan.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *