25 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Kabel Coaxial RG-59, RG-6 atau RG-11 Yang Paling tepat Untuk CCTV?
kabel coaxial

Kabel Coaxial RG-59, RG-6 atau RG-11 Yang Paling tepat Untuk CCTV? – Seperti kita ketahui kabel coaxial merupakan jenis kabel CCTV yang tepat untuk mentransmisikan range frekuensi sinyal video CCTV. Mengetahui parameter kabel coaxial akan sangat membantu dalam memilih perangkat ini yang akan digunakan, karena kabel coaxial dibuat tidak hanya untuk aplikasi sistem CCTV.

Baca Juga : Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, Dan Harddisk CCTV Terbaik

Komponen ini digunakan untuk media transmisi pada jaringan komputer. Selain sistem CCTV, kabel coaxial juga digunakan pada sistem CATV (TV kabel). Dan tentunya antara satu sistem dengan lainnya berbeda karakterisitk dan memerlukan karakterisitik kabel yang berbeda juga.

Kabel Coaxial CCTV

Kata coaxial merujuk pada struktur kabel itu sendiri dimana inti konduktor yang terletak ditengah-tengah dibungkus oleh beberapa pelindung yang berfungsi untuk melindungi dari gangguan fisik dan interferensi (lihat gambar berikut).

struktur-kabel-koaxial

Komponen ini banyak macamnya dan klasifikasi sebagai kabel RG. RG merupakan singkatan dari Radio Guide. Penomoran pada klasifikasi RG menunjukan urutan pendaftaran tipe kabel bukan merujuk pada jenis ataupun ukuran kabel secara langsung. Tipe RG yang biasa untuk kamera pengawas adalah RG 59, RG 6, dan RG 11, di mana ke-3 kabel RG tersebut mempunyai impedansi sebesar 75 ohm.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Untuk CCTV

RG 59 merupakan kabel coaxial yang paling ideal karena selain spesifikasinya yang tepat untuk sistem CCTV juga mudah dalam pengerjaan (tarik kabel dan pemasangan konektor BNC) karena ukuran kabel yang relatif kecil dan fleksibel. RG 11 adalah kabel yang paling besar ukurannya dan relatif sulit dalam pengerjaan. Ukuran kabel RG 6 lebih besar dari RG 59 dan lebih kecil dari RG 11.

ilustrasi komparasi kabel RG_thumb[11]

Kabel RG 59 memiliki atenuasi (pelemahan sinyal) yang paling tinggi, sehingga berpengaruh terhadap jarak maksimal. Atenuasi yang paling rendah yang kabel RG 11 miliki sehingga memiliki jarak maximum yang labih panjang. Berikut tabel jarak dari masing-masing tipe.

Tipe Kabel RGJarak MaximumDiameter
RG-59230 meter s/d 300 meter6.35 mm
RG-6300 meter s/d 450 meter7 mm
RG-11450 meter s/d 600 meter10 mm

Tabel jarak di atas merupakan estimasi. Bisa saja antara merk satu dengan lainnya berbeda, tergantung dari kualitas dan lingkungan penarikan kabel.

Baca Juga : Jenis Kabel Untuk CCTV Analog Dan HDTVI

Dari paparan di atas semoga pembaca artikel CCTV dapat memilih kabel coaxial untuk instalasi CCTV yang tepat.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *