28 Maret 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area

Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area – Saat merencanakan implementasi kamera CCTV, tentu awalnya anda harus menentukan seberapa lebar pandang dan seberapa jauh jarak yang ingin dipantau, baik untuk keperluan Recording maupun hanya Monitoring. Sebisa mungkin tentukan objek atau area yang menjadi prioritas, karena lensa pada kamera CCTV sama dengan lensa lain secara umum. Di mana tiap ukuran lensa memiliki karakteristik tertentu dengan kelebihan dan kekurangannya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Lensa Pada CCTV

Berikut ini kami jelaskan mengenai ukuran lensa kamera CCTV dan kaitannya terhadap area pantau (Field of View). Untuk memilih lensa yang tepat anda harus memahami hubungan antara ukuran lensa dan area yang akan kamera tangkap. Prinsipnya sama seperti mata, ketika ingin melihat lebih lebar, anda akan mundur dan mendapatkan pandangan lebih banyak.

Ukuran Lensa Kamera CCTV

Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area2

Lalu ketika ingin melihat satu objek lebih detail, maka anda berjalan maju dengan konsekuensi pandangan menjadi lebih sempit. Pada lensa, semakin kecil ukuran lensa, area yang tampil akan semakin lebar. Sebagai contoh, lensa 3.6mm menangkap lebar 29 kaki pada jarak 30 kaki dari kamera. Lensa 6mm menangkap lebar lebih kecil, yakni 18 kaki pada jarak 30 kaki dari kamera.

Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area3

Dalam hal ini artinya lensa 6mm memberikan pandangan sebuah benda lebih fokus, lebih detail dan objek terlihat lebih besar. Dengan kata lain, ukuran lensa yang lebih besar akan menampilkan lebih detail dan lebih besar suatu objek yang ada pada jarak yang sama. Namun di sisi lain akan kehilangan objek lain yang ada di pinggir, yang dapat lensa ukuran kecil tampilan.

Baca Juga : Jangan Lupa Bersihkan Lensa Kamera CCTV Anda

Ini membuat lensa 6mm pilihan yang tepat jika tujuan anda adalah untuk melihat lebih jelas objek yang berjarak 30 kaki dari kamera. Namun, lensa 3.6mm akan menampilkan obyek yang ada di 10 kaki pertama. Ini karena lensa akan memberikan lebar pandang yang lebih luas. Silakan lihat grafik untuk perbandingan.

Jangkauan Area

Maka dua faktor inilah yang perlu Anda ketahui untuk memilih lensa yang tepat. Yakni jarak objek dari kamera, dan lebar pandang yang dapat lensa kamera tersebut tangkap. Misalnya, jika anda ingin melihat jarak sejauh 80 kaki dari kamera dan membutuhkan lebar pandang 20-24 kaki, maka lensa 12mm akan menjadi pilihan yang baik. Beberapa tipe kamera juga lengkap dengan lensa zoom manual (Varifocal). Fitur ini memungkinkan anda untuk memasang kamera lalu menyesuaikan secara manual jarak dan lebar pandang yang Anda kehendaki.

Ukuran Lensa Kamera CCTV dan Kaitannya Terhadap Jangkauan Area4

Ini juga memungkinkan Anda untuk melakukan setting ulang lensa ketika Anda akan mengubah jarak dan lebar pandang baru yang masih memungkinkan. Sehingga tidak perlu membeli lensa atau kamera baru. Untuk situasi Anda perlu area pandang yang lebar untuk jarak dekat dan kualitas gambar yang cukup jelas di area yang jauh. Maka Anda bisa menggunakan lensa ukuran kecil (2.8mm atau 3.6mm) dengan kualitas megapixel yang tinggi.

Lihatlah spesifikasi dari resolusi kamera megapixel yang dihasilkan, seberapa yang anda rasa cukup. Dari sini setidaknya akan anda dapatkan lebar sudut yang lebih luas untuk menangkap area yang lebar. Selain itu juga memiliki kesempatan untuk melihat lebih dekat hasil rekaman objek yang berada jauh.

Contoh tersebut adalah untuk lensa kamera stasioner yang diatur manual pada saat instalasi atau jika ada penggantian lensa baru. Selain lensa kamera stasioner di atas, ada juga jenis kamera PTZ (Pan / Tilt / Zoom) dengan motor lensa dan kamera Panoramic. Di mana penyesuaian lensa, zoom dan area pandang kamera bisa operator lakukan via ruang kontrol.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *