26 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Jarak Maksimum Kabel DC Power Kamera CCTV

Jarak Maksimum Kabel DC Power Kamera CCTV – Hampir semua kamera cctv menggunakan tegangan sumber 12VDC. Padahal sebenarnya ada 2 rating tegangan yaitu 12VDC dan 24VAC. Idealnya, pemasangan power supply pada sistem CCTV adalah 1 kamera di-supply oleh 1 adaptor tanpa adanya penambahan panjang kabel. Tetapi kondisi di lapangan seringkali berbeda. Lalu berapa jarak maksimum kabel DC Power kamera CCTV?

Baca Juga : Tips Memilih Kabel, Konektor, Power Supply, Dan Harddisk CCTV Terbaik

Penambahan panjang kabel power supply harus Anda lakukan tatkala sumber listrik 220VAC letaknya berjauhan dengan kamera. Salah satu cara agar tegangan power supply dapat didistribusikan dengan baik adalah dengan cara menggunakan kabel yang berpenampang lebih besar (diameter kabel lebih besar).

10-m-cctv-kabel-dc-power-konektor-laki-laki-bnc-konektor-power-supply-adaptor-untuk-kamera

Biasanya kabel untuk menambah panjang adalah kabel telepon. Hasil pengukuran menunjukan diameter kabel telepon adalah sekitar 0,55 mm. Berapakah maksimal panjang kabel telepon jika anda gunakan sebagai penghantar tegangan power supply adaptor?

Minimum arus adaptor/power supply kamera cctv di pasaran adalah 500 mA. Dan banyak juga yang 1000 mA/1A. Maksimal panjang kabel telepon jika adaptor dengan tegangan  12VDC dan arus 500 mA adalah 65 meter. Semakin besar arusnya maka semakin pendek maksimum jaraknya.

Baca Juga : Jenis-Jenis Kabel Untuk CCTV

Sehingga dapat kita simpulkan, bahwa untuk mengalirkan arus yang lebih besar diperlukan saluran hantar yang besar juga. Jadi jika menemukan drop tegangan di lapangan, jangan langsung mengganti power supply dengan rating arus yang lebih besar. Bisa jadi kabel yang anda gunakan terlalu kecil. Untuk kabel telepon 2 pairs (4 kabel), manfaatkan 2 kabel lainnya sehingga saluran penghantar menjadi lebih besar.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *