18 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Mengatasi Gangguan Camera CCTV

Mengatasi Gangguan Camera CCTV – Permasalahan gangguan camera CCTV kerap menjadi kecemasan teknisi CCTV dan juga vendor, yaitu ketika melihat hasil gambar dari kamera cctv di layar monitor yang tidak sesuai dengan harapan. Hasil gambar CCTV silau, goyang dan bergaris merupakan ciri khas dari problematika kamera CCTV. Karena sulitnya, seringkali untuk mengatasi masalah CCTV akhirnya memakai cara coba-coba (trial and error).

Penerapan teknik trial and error ini bukan tanpa alasan, mengingat sumber gangguan tidak bisa terindentifikasi dengan pasti. Kita hanya bisa melihat gejala yang tampak pada hasil gambar, tanpa bisa memprediksi sebelumnya. Pelompokkan jenis-jenis masalah kamera CCTV ini dengan harapan penanganannya bisa Anda lakukan dan bisa membantu para teknisi dan vendor untuk memecahkan masalah-masalah CCTV.

Gambar Silau (Whiting out)

nintchdbpict000291329244

Hasil CCTV silau umumnya terjadi saat kamera CCTV melihat benda yang memantulkan cahaya. Contoh sederhana dalam masalah ini adalah sinar matahari atau lampu yang jatuh di atas lantai maupun dinding berwarna putih.

Baca Juga : Mengapa Kamera CCTV Berwarna Hitam-Putih?

Demikian juga di paving block di halaman, atap mobil box dan ruangan  dengan lampu TL yang menyebar rata semisal factory outlet, studio foto, ruang QC di pabrik dan lainnya. Pada kondisi seperti ini, camera dengan F Stop rendah cenderung “gagal” dalam  menangkal cahaya kuat. Adakalanya saat camera menunduk ke bawah, gambar menjadi normal, tetapi sayang objek yang tertangkap tidak sesuai dengan keinginan client.

Gambar Pudar (Faint)

Police-shoot-Istanbul-Ataturk-airport-attacker-before-he-detonates-himself

Hasil CCTV pudar bisa Anda ketahui dengan melemahnya warna di semua tepi dari objek yang tertangkap. Penyebab utama biasanya dari kabel yang panjang atau kualitas kabel yang jelek serta power supply yang lemah (drop).

Baca Juga : Gangguan Yang Sering Terjadi Pada CCTV

Bisa juga dari sambungan connector yang kurang baik (sekalipun hal ini jarang menjadi penyebab utama).

Gambar Bergelombang (Waving)

Hasil CCTV goyang umumnya karena interferensi dari frekuensi rendah, misalnya frekuensi listrik 220V/50Hz dari PLN atau genset.  Penyebabnya juga bisa karena faktor Ground Loop yang kerap terjadi pada instalasi kabel coaxial yang panjang.

Gambar Bergaris

14camera-hati-hati-sinar-laser

Hasil CCTV bergaris disebabkan oleh gangguan frekuensi tinggi seperti lokasi yang berdekatan dengan pemancar radio siaran, radio amatir dan CB (citizen band).

Baca Juga : Kenali Penyebab Gambar CCTV Bergaris

Masing-masing gangguan memiliki ciri khas. Jika gangguannya terus menerus, maka dipastikan dari pemancar radio siaran, sedangkan apabila sesekali namun sering, maka gangguan tersebut berasal dari komunikasi radio amatir atau CB.

Gambar Meteorit

Istilah meteorit adalah istilah teknis CCTV. Gejalanya mirip seperti meteor atau komet yang “menghiasi” layar monitor. Penyebabnya adalah induksi dari motor-motor listrik seperti bor, generator, dinamo mesin dan semisalnya.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *