18 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Perbedaan CCTV Day-Night dengan CCTV Biasa

Perbedaan CCTV Day-Night dengan CCTV Biasa – Kamera CCTV saat ini memiliki banyak pilihan, memang agak terkesan membingungkan. Dimulai dari pilih analog atau digital, memilih CCTV yang bisa bergerak atau fixed camera, serta yang Day-Night Camera atau Camera CCTV biasa. Oke pada artikel ini, kami membantu Anda agar tidak bingung memilih CCTV mode Day-Night Camera atau CCTV biasa.

Baca Juga : CCTV Itu..

Sebenarnya, istilah Day-Night Camera sendiri mempunyai arti Kamera Siang-Malam. Apa maksudnya? Jadi pengguna dapat menggunakan CCTV jenis ini walaupun kondisi sekeliling CCTV sedang kekurangan cahaya. Jadi CCTV dengan Day-Night Camera mempunyai kemampuan untuk tetap menampilkan gambar dengan jelas walaupun kondisi ruangan atau sekitar CCTV gelap.

Fungsi Utama CCTV Day-Night

Inilah fungsi utama dari CCTV jenis ini. Namun yang perlu Anda perhatikan tentang Day-Night Camera adalah bagaimana bisa sebuah rancangan CCTV bisa mengambil gambar saat gelap? Ternyata kamera CCTV Day-Night memang sudah lengkap dengan InfraRed. InfraRed ini akan aktif ketika lingkungan di sekitar CCTV ternyata kekuatan sumber cahayanya kurang dari 0,5 lux. Lux sendiri merupakan satuan metrik ukuran cahaya pada suatu permukaan.

Baca Juga : Cara Mengetahui CCTV Sedang Aktif Atau Tidak

Jadi ketika InfraRed / InfraMerah mencatat bahwa sensor kepekaan cahayanya kurang dari 0,5 Lux, maka otomatis InfraMerah aktif agar dapat mengambil gambar dalam kondisi yang kurang cahaya tersebut. Mungkin yang menjadi pertanyaan, kenapa harus ada sensor untuk mendeteksi kepekaan cahaya? Biarkan saja InfraRed / InfraMerah aktif terus selama beroperasinya Kamera CCTV. Mungkin itu pertanyaan Anda.

201779_10d021fa-c874-4f6f-89e9-998f29f426c9

Jawabannya singkat, demi menjaga kualitas gambar saat kondisi terang agar mendekati dengan apa yang manusia lihat. Itulah jawabannya, apabila InfraMerah / InfraRed terus menyala saat kondisi terang maka gambar yang tertangkap juga kurang bagus.

Sementara itu, sebetulnya semua CCTV camera dapat mencitra gambar saat gelap, karena pada dasarnya sensor mampu untuk menangkap cahaya pada spektrum InfraMerah. Namun, karena kebanyakan lensa menggunakan filter IR-cut atau Hot-Mirror maka sinar InfraMerah dipantulkan lagi. Hal ini menyebabkan sensor CCD atau CMOS pada kamera CCTV tidak menerima spektrum cahaya IR. Kenapa begitu, kembali lagi jawabannya agar gambar yang CCTV hasilkan dapat mendekati dengan apa yang manusia lihat.

Baca Juga : Tips Mengetahui Letak Kamera CCTV Yang Tepat

Oke sekarang kita beralih ke CCTV biasa, ini merupakan jenis original dari sebuah kamera pemantau atau kamera pengawas. Jika CCTV tidak lengkap dengan InfraRed / InfraMerah maka kamera tidak dapat mengambil gambar saat gelap atau di bawah 0,5 lux. Kenapa CCTV tidak semua menggunakan InfraMerah? Ini kembali kepada Budget, berapa jumlah uang yang Anda miliki menentukan fitur apa saja yang Anda dapat. Sebab kamera CCTV dengan InfraMerah atau Jenis Day-Night Camera berharga lebih mahal daripada dengan CCTV biasa.

Sekarang Anda sudah tahukan perbedaan Day-Night Camera dengan CCTV biasa, mudah-mudahan hal ini semakin memudahkan untuk memiliki CCTV yang sesuai budget dan kebutuhan ruangan yang perlu Anda awasi.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *