19 April 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Perbedaan Motorized dengan Fixed pada CCTV
perbedaan-motorized-dengan-fixed-pada-cctv

Perbedaan Motorized dengan Fixed pada CCTV – Ini merupakan istilah yang baru dalam CCTV, yaitu Motorized Camera dan Fixed Camera. Namun sebenarnya, kedua jenis CCTV tersebut sebenarnya sudah terlebih dahulu ada daripada istilahnya. Loh kok bisa?

Jadi begini istilah sebenarnya istilah motorized camera hadir setelah ada CCTV yang mampu bergerak kanan-kiri, atas-bawah, dan zooming otomatis. Nama sebenarnya dari CCTV yang mampu bergerak melalui sebuah controller ini adalah PTZ Camera.

Apa Itu PTZ Camera?

PTZ Camera merupakan kamera yang bisa bergerak sendiri walaupun tetap bisa Anda kontrol secara jarak jauh melalui sebuah remote yang sudah terhubung sebelumnya. PTZ merupakan sebuah singkatan dari Pan – Tilt – Zoom, artinya kamera jenis ini mempunyai kemampuan untuk dapat Anda kendalikan gerakannya seperti (kanan-kiri) atau dalam bahasa Inggris yaitu Pan, gerak (atas-bawah) atau Tilt, serta zooming.

CCTV-featured
(Pan, Tilt, Zoom) PTZ Camera = Motorized CCTV

Simulasi gerakan Zooming pada camera. Pada CCTV Jenis PTZ, Zooming dapat di kontrol jarak jauh. Fitur PTZ Camera ini digerakan oleh sebuah motor / sejenis dinamo. Sehingga munculah istilah Motorized Camera / Motorized CCTV yang artinya camera yang digerakkan oleh sebuah motor. Itulah sejarahnya kenapa muncul istilah Motorized Camera.

Baca Juga : Kamera CCTV PTZ, Dan Cara Kerjanya

cctv-maintenance (1)

Lantas bagaimana dengan Fixed Camera? Sebenarnya untuk istilah ini muncul setelah motorized camera hadir. Sebab seperti yang kita ketahui, dahulu camera hanya sebuah alat untuk menangkap gambar, dan kita manusia yang mengoperasikannya seperti zooming, atur fokus, pencahayaan dan sebagainya. Karena hadirnya produk PTZ Camera, munculah istilah baru yaitu Fixed Camera. Fixed Camera menunjukan bahwa camera jenis ini harus Zooming, fokus, dan sebagainya saat instalasi karena kamera jenis ini tidak dapat Anda atur melalui sebuah alat remote control khusus seperti PTZ Camera. Untuk mengubah posisi CCTV (seperti menaikkan atau menurun, geser kiri atau kanan) harus Anda lakukan manual.

CCTV PTZ Pan Tilt Zoom

Camera yang mampu bergerak kanan-kiri, atas-bawah, serta zooming dengan mengendalikannya melalui Remote Control / PTC Controller.  PTZ Controller, seperti halnya sebuah remote control yang Anda gunakan untuk menggerakan CCTV

Itulah dia asal muasal dan perbedaan antara CCTV Motorized dengan Fixed Camera. Semoga bermanfaat untuk Anda agar dapat memilih CCTV sesuai kebutuhan ruangan yang ingin Anda awasi. Sebagai tambahan informasi, karena kecanggihan yang ada pada CCTV berjenis PTZ (Pan, Tilt, Zoom), maka kamera pengawas yang mampu bergerak ini agak lebih mahal daripada fixed camera. Bijaklah memilih CCTV yang tepat.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *