25 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Mengapa Kamera CCTV Berwarna Hitam-Putih?

Mengapa Kamera Cctv Berwarna Hitam-Putih? – Zaman modern seperti ini kebanyakan pengguna CCTV akan memilih kamera CCTV yang berwarna daripada hitam putih. Namun siapa sangka, ternyata kamera CCTV yang berwarna hitam putih masih banyak yang menggunakannya.

Banyak yang memilih kamera CCTV yang berwarna karena bisa memberikan detail yang lebih jelas mengenai seseorang, atau benda-benda yang masuk dalam area pengawasan. Sehingga apabila terjadi suatu kejadian yang tidak mengenakkan, pengawas akan lebih mudah memberikan keterangan kepada pihak yang berwajib.

Namun seperti yang sudah disebutkan, peminat kamera CCTV hitam putih masih banyak dan mempercayakan kamera jenis itu untuk mengawasi lingkungan sekitar.

Baca Juga : Penyebab Camera CCTV Mati Di Monitor

Lalu, apakah ada kelebihan tertentu dari kamera CCTV jenis ini? Ternyata, ada dua alasan mengapa kita sering mendapati warna kamera hitam-putih pada CCTV di dunia yg sudah modern ini. Simak ulasannya di bawah ini :

Ruangan / Area yang Direkam Gelap

Vandal-proof-dome-infrared-cctv-surveillance

Alasan pertama ini adalah karena ruangan atau area pengawasan gelap atau kurang cahaya.

Pada beberapa CCTV terbaru, biasanya sepasang dengan fitur Infra-Red. Fitur ini sendiri berguna agar kamera tetap dapat mengambil gambar meskipun ruangan sedang gelap atau berada pada intensitas di bawah 1 lux. Infrared sendiri, akan aktif secara otomatis oleh kamera jika sensor penerima cahayanya mendeteksi bahwa ruangan berada di bawah indikator 1 lux. Karena itulah, agar CCTV tetap menyala ketika gelap maka infrared akan aktif walau menghasilkan gambar yang hitam putih.

Baca Juga : Inilah CCTV Yang Mampu Deteksi Kehadiran Orang

CCTV yang Sengaja Disetting Grayscale (Hitam-Putih)

Gambar 3

Pada beberapa pakar yang kami tanyai, serta seorang videografer yang terbiasa merekam objek berpendapat sama. Bahwa ketika kamera menjadi grayscale (Hitam-Putih), maka ukuran file video yang CCTV hasilkan menjadi lebih kecil. Sehingga sangat tepat untuk menghemat memory harddisk atau media penyimpanan (Storage Device). Membuat CCTV atau kamera pengawas menjadi hitam putih bisa Anda lakukan agar hemat memory.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *