25 April 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Mengapa Streaming CCTV di Android Putus-Putus?

Mengapa Streaming CCTV di Android Putus-Putus? – Sudah pernah mencoba streaming CCTV dengan ponsel android? Kalau sudah, adakah yang pernah mengalami kesulitan streaming karena gambar atau video yang ditampilkan tersendat-sendat? Atau ada delay yang terlalu panjang dari realtime-nya?

Baca Juga : Cara Mudah Melihat CCTV Online Via Android

Kalau itu yang menjadi permasalahannya silahkan simak beberapa sebab mengapa streaming CCTV di android lemot dan tersendat-sendat.

Hal-Hal Yang Harus Anda Perhatikan

bandwidth-place-speed-test-56fe89c05f9b58619503a845
  1. Perlu diperhatikan, pada sistem koneksi streaming membutuhkan proses Upload data dan alat penerima ( ponsel ) membutuhkan koneksi download data. Maka dari itu yakinkan dan pastikan dahulu seberapa bandwidth data yang anda gunakan di koneksi DVR anda. Untuk DVR dengan jumlah channel ( kamera ) hanya 4 buah maka koneksi bandwidth 500kbps sampai 1Mbps sudah cukup untuk melakukan upload video dan lancar.
  1. di Ponsel juga harus diperhatikan berapa kecepatan adan bandwidth yang ada. Jangan berasumsi kalau signal anda EDGE akan lancar, tentu akan tersendat-sendat. Anda harus berada di jaringan 3G atau lebih lancar lagi menggunakan koneksi Wi-Fi. Ingat, apabila sumber ( DVR ) sudah mempunyai koneksi yang cepat namun ponsel mempunyai koneksi lambat, maka ponsel tidak akan bisa menerima gambar yang halus dan cenderung tersendat-sendat alias ada delay streaming. Begitu pula sebaliknya.
dvr_ip_5
  1. Apabila yakin kedua perangkat dengan koneksi bagus namun tetap tersendat-sendat di penerima ( ponsel ) bisa jadi sistem kompresi decoder di DVR di setting tinggi. Nilai kompresi video yang rendah bisa mengatasi masalah tersendatnya streaming namun mempunyai kekurangan yaitu gambar video tidak detail. Semakin sedikit kompresi data semakin memperberat proses upload pada DVR dan dampaknya penerima ( ponsel ) juga terena dampak delay tampilan.
  1. Banyaknya aplikasi yang berjalan di ponsel bisa menyebabkan tersenddatnya tampilan streaming. RAM yang kecil di ponsel akan menyebabkan pemutaran video streaming tidak maksimal. Lakukan pembersihan aplikasi yang berjalan sebelum menjalankan aplikasi streaming CCTV.
  1. Untuk mengatasi masalah streaming yang tersendat di ponsel android, sebaiknya buka channel satu-persatu. Jangan membuka seluruh channel karena akan memperberat koneksi data internet anda. Bukalah channel secara bergantian agar koneksi data yang masuk maksimal.

Semoga sedikit ulasan tentang masalah streaming CCTV di android bermanfaat bagi pembaca setia Dunia Android. Simak juga tips dan ulasan menarik lainnya di bawah postingan ini.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *