29 Maret 2024
Blog » Liputan Dist CCTV » Perlukah memasang CCTV di Lingkungan Sekolah?

Perlukah memasang CCTV di Lingkungan Sekolah? – Penggunaan CCTV untuk mengawasi aktivitas di sekitarnya, lazimnya terpasang di lingkungan perkantoran, tempat public,  tempat perbelanjaan. Namun ada suatu tren terbaru dimana banyak sekali sekolah-sekolah di Indonesia yang kini memasang CCTV untuk mengawasi akivitas yang ada di lingkungan sekolah.

Wali Kota Makassar dalam surat resminya yang dikirimkan ke sekolah-sekolah yang ada di Makassar baru baru ini memerintahkan untuk dipasangnya Kamera Pengawasan CCTV di semua lingkungan sekolah di Makassar untuk meminimalisir peredaran narkorba di lingkungan sekolah. Pemasangan CCTV di lingkungan sekolah yang dianjurkan oleh Wali Kota Makassar adalah di pintu gerbang dan kantin dan nantinya tayangan CCTV tersebut akan diawasi langsung di CCTV Center Kantor Balai Kota Makassar.

Yang menjadi pertanyaan menarik adalah perlukah memasang CCTV di lingkungan Sekolah?

1. Pemasangan CCTV di Kelas

Perlukah memasang CCTV di Lingkungan Sekolah1

Pemasangan CCTV di kelas dinilai sangat penting untuk mengawasi kegiatan belajar-mengajar di kelas. Dengan adanya CCTV mungkin akan mengurangi kasus pembully-an yang terjadi di lingkungan sekolah. Dapat mengurangi kebiasaan pelajar menyontek pada saat ujian, mengurangi kenakalan yang dilakukan oleh pelajar dan untuk mengawasi proses belajar mengajar di kelas.

Baca Juga : Keuntungan Menggunakan CCTV

2. Pemasangan CCTV di gerbang sekolah

Perlukah memasang CCTV di Lingkungan Sekolah2

Beberapa sekolah di Indonesia, melakukan pemasangan CCTV d isekitar gerbang sekolah agar aktivitas pelajar dapat dipantau oleh staf pengajar. Selain itu juga, dengan adanya CCTV di sekitar gerbang sekolah, memudahkan staf pengajar memantau siapa saja pelajar dan staf pengajar yang datang terlambat atau yang mencoba ingin membolos ketika jam belajar sedang berlangsung sehingga staf pengajar bisa memberikan sanksi yang tepat untuk hal tersebut.

3. Pemasangan CCTV di Kantin

Selain di kelas dan gerbang sekolah, ada beberapa sekolah juga yang memasang CCTV di sekitar kantin. Pemasangan CCTV di kantin berguna tidak hanya untuk memantau para pedagang. CCTV juga dapat memantau pelajar yang bersekolah di sana. Apakah ada pelajar yang ke kantin pada saat jam belajar sedang berlangsung? Atau hanya untuk melihat aktivitas pelajar di sekitar kantin berjalan normal apa tidak.

4. Pemasangan CCTV di Ruang Guru

Selain itu, untuk mengoptimalkan kedisiplinan staf pengajar, perlu untuk melakukan pemasangan CCTV di Ruang Guru. Kepala sekolah dapat memantau apakah terdapat guru yang membolos untuk mengajar pada saat jam pelajaran tiba. Selain itu juga dapat terekam apabila ada aktivitas yang tidak lazim terjadi di ruang guru sekolah.

Baca Juga : Tips Memilih CCTV Yang Tepat 

Seberapa perlukan pemasangan CCTV di lingkungan sekolah sebenarnya tergantung pada kebutuhan, apabila memang ada kebutuhan untuk meningkatkan kedisiplinan pelajar dan staf pengajar di sekolah, maka pemasangan CCTV di beberapa tempat di sekolah sangat tepat.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *