21 September 2024
Blog » Tutorial Dist CCTV » Koneksikan CCTV ke Wifi, Begini Panduannya
koneksikan-cctv-ke-wifi-begini-panduannya

Koneksikan CCTV ke Wifi, Begini Panduannya! – Salah satu manfaat pemasangan CCTV adalah untuk memastikan keamanan lokasi tertentu. Namun, pernahkah kamu berpikir tentang cara mengetahui keamanan saat tidak berada di lokasi tersebut?

Solusinya dengan menghubungkan CCTV dengan WiFi, sehingga nantinya dapat memantau secara real-time dari mana saja melalui gadget. Selain itu dengan adanya integrasi dengan jaringan, memungkinkan kamu akan mendapatkan pemberitahuan jika terdapat aktifitas yang mencurigakan. 

Apa Saja Persiapan Sebelum koneksikan CCTV dengan Wifi? 

Kamu perlu menyiapakan beberapa hal, untuk menghubungkan CCTV dengan WiFi yaitu: 

1. Mempersiapkan CCTV WiFi

Langkah pertama yang perlu kamu siapkan adalah memastikan CCTV mendukung konektivitas WiFi. Karna tidak semua CCTV dapat tersambung dengan jaringan. Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi fitur yang ditawarkan, seperti penyimpanan cloud/lokal dan kemampuan night vision untuk merekam di malam hari.

Baca Juga: Ingin Membeli CCTV? Berikut Tips Memilih CCTV yang Harus Kamu Tahu

2. Menentukan Posisi Kamera 

Langkah selanjutnya adalah mengetahui posisi kamera, terutama untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal. Perlu dicatat, letakkan kamera di lokasi yang tidak terhalang oleh tembok tebal atau logam agar sinyal tetap stabil.

3. Memastikan Signal WiFi dapat Stabil

Berikutnya, pastikan kekuatan sinyal yang terhubung ke kamera diterima dengan stabil. Sehingga nantinya kamera dapat mengirimkan rekaman secara real-time. Selain itu, kamu harus memastikan keamanan jaringan agar orang yang tidak berwenang tidak dapat mengakses CCTV yang kamu miliki.

4. Melakukan Instalasi

Setelah semua langkah persiapan selesai, kamu dapat menyiapkan beberapa peralatan sebelum menghubungkan CCTV ke WiFi. Berikut beberapa peralatan yang perlu kamu siapkan:

  • CCTV WiFi
  • Network Video Recorder (NVR) maupun Digital Video Recorder (DVR)
  • Kabel ethernet
  • Router
  • Power adapter
  • Mur dan baut untuk pemasangan

Panduan Lengkap: Cara Mengkoneksikan CCTV ke WiFi

Menghubungkan CCTV ke WiFi adalah salah satu langkah terpenting untuk memantau keamanan secara real-time dari mana saja. Namun sebelum kamu menghubungi CCTV ke Wifi kamu dapat memahami tahapan berikut ini: 

1. Memasang DVR atau NVR 

Tahap pertama untuk koneksikan CCTV ke Wifi adalah memasang DVR (Digital Video Recorder) atau NVR (Network Video Recorder). Fungsi dari alat tersebut ya itu menjadi pusat untuk mengelola rekaman video dari kamera yang telah terpasang. 

Agar dapat terakses secara real-time, kamu wajib untuk memastikan bahwa DVR/NVR dapat mendukung konektivitas WiFi. 

2. Memasang Kamera CCTV 

Setelah memasang DVR/NVR, tahapan berikutnya adalah memasang CCTV WiFi di lokasi yang potensial. Kamu dapat menempatkan kamera yang memiliki sudut pandang strategis seperti garasi, gerbang, atau ruangan yang membutuhkan pemantauan khusus. 

Pastikan juga, tempat yang terpasang oleh kamera dapat berada pada jangkauan signal yang stabil. Jika kamu memilih untuk mengunaka kamera nirkabel, pastikan juga bahwa memiliki baterai yang cukup selama kamera beroperasi. 

3. Memasang Router WiFi

Salah satu tahapan yang sangat penting adalah pemasangan router Wi-Fi. Ini agar CCTV terhubung ke jaringan internet. Sehingga nantinya rekaman video dapat dipantau dari mana saja. 

Namun jika cakupan sinyal kurang kuat, kamu dapat mempertimbangkan untuk mengunakan penguat sinyal (Wi-Fi extender) agar seluruh kamera CCTV dapat tetep terhubung ke jaringan tanpa ada masalah. 

4. Menghubungkan DVR atau NVR ke Monitor 

Setelah memasang perangkat, tahap selanjutnya adalah menghubungkan DVR atau NVR ke monitor agar kamu dapat memantau rekaman secara langsung. Cara menghubungkannya dengan menggunakan kabel HDMI atau VGA yang terhubung antara DVR/NVR dan monitor. Setelah menghubungkan, nyalakan DVR/NVR dan monitor untuk melihat tampilan dari semua kamera yang terpasang. Melalui layar ini, kamu dapat mengakses rekaman, menyesuaikan pengaturan kamera, serta mengelola penyimpanan video yang direkam oleh DVR/NVR.

Baca Juga: Jangan Sampai Tertukar! Ini Dia Perbedaan DVR dan NVR

5. Menghubungkan DVR atau NVR ke Listrik 

Tahap terpenting yaitu menghubungkan DVR atau NVR Ke sumber daya listrik. Hal ini bertujuan agar perangkat dapat beroperasi dengan baik. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa adaptor daya sudah aman dan sesuai untuk menghindari kerusakan perangkat. Setelah DVR/NVR terhubung ke listrik, nyalakan perangkat dan pastikan semua komponen berjalan normal, termasuk kamera CCTV yang sudah terhubung. 

Pada tahap ini kamu dapat melakukan ujicoba apakah semua perangkat dapat beroperasi dengan baik.

Jadi dengan mengkoneksikan CCTV ke wifi dapat memberikan kemudahan untuk melakukan pengawasan secara real-time dari mana saja. Jika Anda belum punya CCTV, Anda dapat membeli CCTV di distributor CCTV yang  memiliki beragam jenis CCTV terlengkap. Semoga bermanfaat

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *