21 September 2024
Blog » Tips Dist CCTV » Emang Bisa CCTV Penyimpanannya Pakai Cloud Storage?
emang-bisa-cctv-penyimpanannya-pakai-cloud-storage

Emang Bisa CCTV Penyimpanannya Pakai Cloud Storage? – Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan kunci kesuksesan dalam transformasi digital di era sekarang. Di bidang keamanan, kamu dapat mengimplementasikan transformasi digital melalui penggunaan sistem Closed-Circuit Television (CCTV). Terutama pada perubahaan akan cara penyimpanan rekaman CCTV.  

Sebelumnya, sistem ini hanya menggunakan hardisk atau penyimpanan fisik lainnya. Sekarang ini penyimpanan pada perangkat tersebut dapat menggunakan teknologi cloud storage yang memanfaatkan internet. 

Yuk baca artikel ini agar kamu mengetahui tentang CCTV Cloud Storage? 

Apa Itu CCTV Cloud Storage

CCTV Cloud Storage adalah teknologi untuk menyimpan rekaman CCTV. Penyedia layanan cloud biasanya mengelola hasil rekaman secara jarak jauh. Jadi, hasil rekaman tidak hanya dapat tersimpan pada media penyimpanan fisik saja. Namun, video dapat langsung tersimpan di server dengan menggunakan media Internet. 

Sebelum kamu, menggunakan perangkat ini biasanya akan mewajibkan untuk mengatur IP (Internet Protokol) sehingga nantinya perangkat dapat terhubung ke jaringan secara otomatis. Selain itu, kamu dapat mengakses rekaman cctv melalui gadget dari manapun asal masih terhubung dengan internet. 

5 Keunggulan Penggunaan CCTV Cloud Storage 

Dengan cloud storage pada CCTV, kamu bisa mengakses video rekaman kapan saja. Tak hanya itu ternyata penggunaan layanan penyimpanan berbasis internet ini memiliki manfaat lain seperti: 

1. Menawarkan Skalabilitas

Salah satu keunggulan dari penggunaan cloud storage pada CCTV ini adalah menawarkan skalabilitas yang luar biasa. Terlebih, kamu dapat meningkatkan kapasitas tanpa harus berinvestasi dalam perangkat penyimpanan fisik. Hal ini sangat bermanfaat kamu menyimpan rekaman CCTV secara terus menerus. 

Selain itu penggunaan penyimpanan ini, kamu tidak perlu ragu untuk memelihara hardisk lagi. Pemeliharaan server cloud biasanya dikelola oleh penyedia layanan.

Baca Juga: Jangan Sampai Salah Pilih, Ini Perbedaan Harddisk CCTV dan Harddisk Komputer

2. Peningkatan Fleksibilitas 

Penggunaan Cloud storage dalam CCTV dapat bermanfaat sebagai peningkatan Fleksibilitas. Dengan layanan ini, kamu dapat mengakses rekaman CCTV kapan saja dan di mana saja. Tak hanya itu saja, dengan adanya fleksibilitas ini kamu dapat memantau dan mengelola video secara realtime, tanpa terbatasnya oleh lokasi DVR fisik. 

3. Peningkatan Keamanan

Manfaat selanjutnya dari penggunaan penyimpanan ini, CCTV kamu pastinya lebih aman. Terlebih biasanya layanan cloud telah menawarkan enkripsi data, autentikasi multi faktor, dan backup secara otomatis. Jadi, hasil video dari unit akan tetap aman dari ancaman kehilangan data, pencurian data, atau kerusakan.

Selain itu, dengan penggunaan penyimpanan ini maka rekaman akan otomatis diunggah ke data center, bukan lagi penyimpanan lokal seperti hardisk yang membuatnya lebih efisien.

4. Menghemat Biaya 

Menggunakan cloud storage dapat mengurangi biaya pemeliharaan dan upgrade perangkat keras penyimpanan. Selain itu, model pembayaran berlangganan yang fleksibel memungkinkan pengguna hanya membayar untuk kapasitas yang mereka butuhkan. Jadi, kamu dapat menyesuaikan kebutuhan kapasitas untuk menyimpan rekaman CCTV.

Baca Juga: Apa Penyebab Harddisk CCTV Cepat Penuh?

5. Terinteragrasikan Mudah  

Sekarang ini, banyak CCTV yang menawarkan kemudahan dalam proses pengintegarasian dengan layanan cloud. Jadi, semisal kamu ingin migrasi dari penyimpanan lokal ke penyimpanan berbasis cloud, kamu tidak memerlukan pengubahan sistem yang Ada. 

Tantangan dalam pengimplementasian CCTV Cloud Storage 

Walaupun banyak sekali keuntungan yang didapat ketika kamu, mengimplementasikan penyimpanan berbasis cloud. Kamu dapat juga mengetahui tantangan apa yang diperoleh saat pengimplementasiannya. Berikut adalah 2 tantangan terbesar dari penggunaan CCTV berbasis cloud: 

1. Konektivitas Internet

Penggunaan cloud storage memerlukan konektivitas internet yang stabil dan cepat. Sehingga jika kamu berada yang sangat minim dengan infrastruktur internet, maka penggunaan cloud storage dapat menjadi kendala. 

2. Biaya Berlangganan

Meskipun lebih murah dibandingkan investasi perangkat keras. Biaya langganan cloud storage tetap harus dipertimbangkan dalam anggaran jangka panjang.

Jadi, CCTV Cloud Storage memungkinkan untuk melakukan penyimpanan dan pengelolaan CCTV secara jarak jauh dengan menggunakan jaringan internet. Selain itu, CCTV ini memiliki keunggulan yaitu sangat aman dan dapat menghemat biaya dalam investasi awal.  Namun, terdapat juga tantangan saat pengimplementasian CCTV seperti harus memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat.  Pastikan anda membeli CCTV pada mall online yang terpercaya. Semoga bermanfaat.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *