21 September 2024
Blog » Tips Dist CCTV » IP Camera CCTV: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya
ip-camera-cctv-kenali-kelebihan-dan-kekurangannya

IP Camera CCTV: Kenali Kelebihan dan Kekurangannya – Di era digital sekarang, perkembangan IP Camera CCTV sangat pesat. Terutama dengan dukungan internet yang semakin stabil. Dengan perkembangan teknologi ini memungkinkan akses pengawasan CCTV untuk lebih fleksibel dan efisien.

Hal itu memungkinkan akses CCTV kapan pun dan di mana saja, sehingga kamu dapat mengawasi lokasi tanpa harus berada di sana. Agar lebih jelas, pada artikel ini akan membahas tentang apa saja kelebihan serta kekurangan dari IP Camera CCTV. 

Kelebihan Dari IP Camera CCTV 

Dengan mengunakan IP Camera CCTV memungkinkan kamu dapat mengawasinya kapanpun dan dimanapun. Tak hanya itu penggunaan perangkat ini juga memiliki kelebihan lain yaitu: 

1. Kualitas HD

IP camera menawarkan kelebihan berupa kualitas gambar HD (high definition) yang tinggi dibandingkan kamera analog. Selain itu, IP camera menghasilkan gambar yang lebih jelas dan tajam. Dengan hal tersebut yang membuat hasilnya detail dan memudahkan untuk mengidentifikasi 

2. Kemudahan Akses Jarak Jauh 

Kelebihan selanjutnya adalah akses dari jarak jauh. IP camera CCTV terhubung melalui jaringan internet. Jadi, kamu mendapatkan fleksibilitas dan kenyamanan untuk mengawasi tanpa harus berada di lokasi.

Baca Juga: Ini Dia Paket CCTV Berkualitas untuk Rumahan

3. Mendapatkan Pemberitahuan Secara Realtime

Sekarang, banyak kamera dilengkapi dengan fitur canggih. Salah satunya yaitu motion detection  yang ada pada IP Camera. Dengan adanya fitur tersebut, maka kamu akan mendapatkan pemberitahuan secara realtime. Terutama jika ada gerak-gerik yang mencurigakan. 

4. Fleksibilitas dalam Pemasangan

Selanjutnya yang menjadi kelebihan dari perangkat ini adalah kemudahan dalam pemasangan yang terpenting adanya koneksi internet atau jaringan lokal (LAN). Selain itu, dengan pengunaan unit ini maka kamu tidak perlu juga bisa menghemat dalam mengurangi biaya instalasi.

5. Dapat di Integrasikan Dengan Perangkat Lain 

Pengunaan perangkat memberikan kemudahan untuk diintegrasikan dengan sistem keaman lain seperti alarm, sensor pintu, ataupun sistem kontrol akses. Ini membuat sistem keamanan yang kamu miliki lebih terkoordinasi dan komprehensif.

Kekuarang Dari IP Camera CCTV 

Beragam kelebihan dapat kamu rasakan dengan menggunakan IP Camera CCTV, namun perangkat ini juga memiliki beberapa kekurangan, antara lain:

1. Biaya Pembelian Yang Tinggi

Salah satu kekurangan dengan pengunaan IP camera cctv ini adalah biaya pembelian yang cukup tinggi. Terutama untuk pembelian perangkat NVR (Network Video Recorder) yang terbatas. Tak hanya keterbatasan perangkat saja, namun software pendukung juga masih sangatlah mahal. 

2. Ketergantungan Pada Internet

Kekurangan yang selanjutnya yaitu perangkat ini harus ketergantungan internet atau jaringan lokal (LAN) untuk mentransmisikan data. Selain itu, jika terdapat gangguan pada internet maka perangkat tersebut tidak dapat merekam kejadian dengan baik.

3. Cara Setting Yang Kompleks

Selanjutnya, cara mengatur IP CCTV cukup kompleks dibandingkan dengan sistem konvensional. Jadi, kamu perlu memiliki pengetahuan tentang jaringan komputer untuk mengelola sistem dengan baik.

4. Keterbatasan Jarak Kabel

Meskipun IP camera ini dapat mengunakan internet nirkable (WiFi) namun tidak jaringa WiFi memiliki radiusnya. Pengoperasian perangkat tersebut membutuhkan kabel UTP, namun perlu diingat bahwa panjang kabel maksimal adalah 100 meter. Jika kamu ingin memasang perangkat di lokasi yang jauh, kamu memerlukan tambahan perangkat seperti switch dan repeater. Itu berarti akan menambah biaya dalam instalasi. 

5. Rentan Terhadap Serangan Siber 

Seperti yang diketahui bahwa IP camera ini mengunakan jaringan internet. IP camera lebih rentan terhadap serangan siber dibandingkan kamera analog. Karna hacker dengan mudah mengakses sistem untuk mengambil alih kontrol kamera melalui jarak jauh.

Baca Juga: 10 Merk CCTV Terbaik Yang Cocok Untuk Anda di 2024

Pengunaan perangkat IP camera CCTV ini menawarkan banyak sekali kelebihan dalam kualitas gambar, kemudahan akses, adanya pemberitahuan secara realtime, pemasangan, hingga intergrasi dengan perangkat lain. Namun perlu Anda pertimbangkan juga untuk masalah biaya, harus terhubung internet, cara setting yang rumit, keterbatasan jarak kabel, hingga kejahatan siber. Jika Anda sedang mencari perangakat cctv untuk keamanan rumah dan kantor, Distributor CCTV adalah jawabanya.

Solusi untuk pengadaan CCTV dan Security System Nasional di Indonesia : Distributor CCTV Indonesia, Untuk Anda di sekitar Bandung dan Jawa Barat : Distributor CCTV Bandung Diskusikan langsung kebutuhan Anda dengan team sales kami, melalui WhatsApp Official DISTCCTV WhatsApp DISTCCTV atau bisa follow Sosial Media DISTCCTV untuk mendapatkan informasi lainnya, Instagram @distributorcctv, Facebook Fanspage Distributor CCTV

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *